Pages

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

10 Tarian Tradisonal Indonesia~


Guys, Selanjutnya gue punya 10 tarian tradisional Indonesia dari beberapa provinsi. Let’s read
10 TARIAN TRADISIONAL INDONESIA
  • Tari Saman


                 Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.Lagu dan syair pengungkapannya secara bersama dan kontinu, pemainnya terdiri dari pria-pria yang masih muda-muda dengan memakai pakaian adat.tarian ini dilakukan dalam posisi duduk berbanjar.
  • Tari Legong

          Legong merupakan sekelompok tarian klasik Bali yang memiliki pembendaharaan gerak yang sangat kompleks yang terikat dengan struktur tabuh pengiring yang konon merupakan pengaruh dari gambuh. Kata Legong berasal dari kata "leg" yang artinya gerak tari yang luwes atau lentur dan "gong" yang artinya gamelan. "Legong" dengan demikian mengandung arti gerak tari yang terikat (terutama aksentuasinya) oleh gamelan yang mengiringinya. Gamelan yang dipakai mengiringi tari legong dinamakan Gamelan Semar Pagulingan.Legong dikembangkan di keraton-keraton Bali pada abad ke-19 paruh kedua.Konon idenya diawali dari seorang pangeran dari Sukawati yang dalam keadaan sakit keras bermimpi melihat dua gadis menari dengan lemah gemulai diiringi oleh gamelan yang indah. Ketika sang pangeran pulih dari sakitnya, mimpinya itu dituangkan dalam repertoar tarian dengan gamelan lengkap
  • Tari Andun

                       Tari andun merupakan tarian yang berasal dari daerah bengkulu. Biasanya tari Andun ini pada saat pesta perkawinan. Tari Andun ini dipentaskan oleh para gadis dan para bujangan pada malam hari dan diiringi dengan musik kolintang. Jaman sekarang tarian ini sudah mulai jarang. Maka kita hrus melestarikannya.
  • Tari Topeng

                  Tari Topeng, merupakan sebuah tari tradisional Betawi. Dalam pementasannya para penari menggunakan topeng. Tari topeng ini biasanya dipentaskan untuk menyambut para tamu agung. Pertunjukan tari topeng diiringi dengan tabuhan seperti, rebab, kromong tiga, gendang besar, kulenter, kumpul, kecrek dan gong buyung. Serta diiringi lagu-lagu khas Betawi.
  • Tari Pendet
                   Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang", meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi (? - 1967). Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus  pria dan wanita, dewasa maupun gadis.
  •   Tari Merak                          
              Tari Merak merupakan tarian yang berasal dari tanah Pasundan, Jawa Barat. Tarian ini diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950-an. Tarian ini bercerita tentang pesona merak jantan yang terkenal pesolek untuk menarik hati sang betina. Sang jantan memperlihatkan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni untuk menarik perhatian sang betina.
  • Tari Monong

                      Tari monong ini berasal dari Kalimantan Barat. Tarian merupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi. Tarian ini dilakukan secara bersama-sama. Tarian ini hadir disaat sang dukun sedang dalam keadaan  trance, dan tarian ini merupakan bagian dari upacara adat Bemanang/ Balian
  • Tari Baksa Kembang

                   Tari Baksa Kembang berasal dari daerah Banjar. Tarian ini bentuk kelembutan tuan rumah dalam menyambut tamu yang dihormati. Kalimantan Selatan sebagai tarian penyambut tamu-tamu kehormatan atau kerabat-kerabat kerajaan, tarian ini juga dilakukan oleh masyarakat umum dalam acara-acara pernikahan atau acara-acara adat. Tarian ini di tarikan oleh wanita yang berjumlah ganjil.
  • Tari Gong             

                      Tari Gong merupakan tarian yang dimainkan dengan menggunakan alat musik gong. Tarian ini menggambarkan kelembutan seorang gadis, yang meliuk-liuk bagikan batang padi. Tarian ini di pentaskan oleh gadis dengan berpakaian dayak kenyah.
  • Tari Perang

                   Tari perang merupakan tarian yang berasal dari Papua Barat. Tarian ini melambangkan kepahlawanan dan kegagahan rakyat Papua. Tarian ini dipentaskan ketika kepala suku memerintahkan untuk perang, karena tarian ini mampu mengobarkan semangat. Tarian ini termasuk tarian grup, dalam tarian ini tidak ada batasan jumlah penari. Tarian ini diiringi alat musik tifa dan alat musik lainnya dan nyanyian pengobar semangat. Tarian ini mengenakan busana seperti, manik-manik penghias dada, rok yang dibuat dari akar, dan daun-daun yang disisipkan pada tubuh menjadi bukti bahwa rakyat papuan mempunyai kecintaan yang besar terhadap alam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar